Mahasiswa dan Kemampuan Berbahasa Lokal (baca: Indonesia)


Saya mau bernyanyi dulu ya…

………….
………….

Nah, saya tidak berniat menggurui atau apa.
Penulisan artikel ini hanya untuk iseng dan sekadar mengingatkan dengan cara yang salah.
Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan dasar bagi manusia untuk berkomunikasi.
Salah bahasa, penulisan ataupun cara penyampaikan dan saatnyapun akan menyebabkan salah interpretasi maksud.
Tapi tenang, kali ini bukan masalah itu yang jadi inti pokoknya melainkan kelucuan yang terjadi saat kaum intelek, yang sakin inteleknya, menggunakan bahasa seenak ‘udele’.

Saya sering miris mendengar nilai mata pelajaran atau kuliah bahasa Indonesia yang jelek.
Ya, mau bagaimana lagi, nilai saya juga jelek. Oleh karena itu saya tidak berani mencela.
Hanya lucu-lucuan.

Kerap saya dengar teman saya, pinter nih orangnya, dalam forum resmi berkata ‘istilah’.
Tidak ada yang salah dengan kata ‘istilah’ tetapi apa yang dimaksudkan yang lucu.
Teman saya ini mengatakan ‘istilah’ mungkin dimaksudkan untuk mempersingkat rangkaian kata yang telah dia ucapkan sebelumnya.
Apa yang terjadi adalah sebaliknya. Istilah dari kata ‘istilah’ yang dimaksudkan malah lebih panjang lagi.😀
Contoh:

si A : “Saat buntu seperti ini ada baiknya kita melakukan lobi. Ya, istilahnya kita melakukan negosiasi biar kebuntuan macam ini bisa dipecahkan dan segera selesai.”

Mungkin beberapa paham maksudnya, tapi yaitu tadi, lucu aja. yangdimaksud istilah itu ‘lobi’ apa yang ‘kita bla bla bla’ tadi..😀
Akan berbeda jika si A mau bilang: “lobi itu istilah buat negosiasi biar bla bla bla tadi.”
Masih banyak kasus seperti itu. Mungkin juga bukan masalah kemapuan berbahasa ya, tapi pemilihan kata/diksi.
Eh, pemilihan katakan termasuk kemampuan berbahasa. hahaha

Maaf.

#Kuasai Bahasa Indonesia sebelum bahasa asing lain.

Komentarnyaaa dooong :3

