Pendidikan Karakter


Agaknya kurang layak kalau saya yang dari bidang keilmuan rekayasa keteknikan dan industri bicara tentang Pendidikan Karakter.
Namun setidaknya masih ada lah sedikit hal yang bisa dibagi.
Jika dalam keilmuan saya ada tentang manajemen personalia dan konflik, tentu hal ini bisa dikaitkan.
Tapi saya tidak membahasnya dari sudut keilmuan saya.
Sedikit-sedikit. Ini hanya opini. Bebas kan?

Manusia mengukur waktu, sebab hanya manusialah yang dapat memaknai waktu. Namun sang waktupun mengukur manusia, sebab hanya dalam busur waktu manusia membentuk dirinya menjadi manusia. Sang waktu menanti apakah manusia yang akan mampu mengukurnya, juga dapat mengukur siapa dirinya sendiri dalam waktu (Koesoema, 2007, Pendidikan Karakter, hal 2)

Ketika berbicara Pendidikan Karakter yang perlu dipahami pertama kali adalah definisinya.
Bagi saya Pendidikan Karakter adalah pendidikan yang bersifat informal yang berupa olah jiwa dan pikiran seseorang terhadap masa lalu, sekarang dan masa depannya yang dipengaruhi nilai-nilai sosial dan budaya di lingkungannya.
Sedangkan karakter adalah hasil sebuah proses (olah diri) bukan hasil dari sebuah tindakan tertentu yang hanya sekali dua kali.

Menurut teman saya di forum KKN-Pendikar ada 18 karakter yang bisa didik dan ditanamkan pada siswa ataupun pribadi.

18 Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa :
(1) Religius; (2) Jujur; (3) Toleransi; (4) Disiplin; (5) Kerja Keras; (6) Kreatif; (7) Mandiri; (8) Demokratis; (9) Rasa Ingin Tahu; (10) Semangat Kebangsaan; (11) Cinta Tanah Air; (12) Menghargai Prestasi; (13) Bersahabat/Komunikatif; (14) Cinta Damai; (15) Gemar Membaca; (16) Peduli Lingkungan; (17) Peduli Sosial, dan (18) Tanggung-jawab.

Nah loh, banyak kan.
Saya masih pusing akibat laporan kerja praktek yang belum selesai, haduh, belum bisa mikir lanjut.
Nanti dilanjut lagi, sekian dulu.

Komentarnyaaa dooong :3

