#1 Apa Itu Ekonomi?


Hari pertama kuliah, berasa muda kembali.

Langsung saja kita mulai, mohon maaf jika ada yang salah, karena pendengaran penulis yang kurang pada saat kuliah sehingga tidak bisa menangkap penjelasan dosen dengan baik. Nanti mohon koreksinya, terutama untuk istilah-istilah, tapi jika definisi, tidak dapat diganggu gugat, hanya boleh komentar, karena itu adalah penafsiran penulis dari hasil kuliah.

Ekonomi adalah ilmunya sedangkan manajemen ekonomi adalah seninya.

Ekonomi adalah ilmu untuk mendayagunakan dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Kenapa terbatas? Karena pada hal ini kemampuan seseorang atau sesuatu itu terbatas. Entah dibatasi oleh jumlah atau waktu.
Pendayagunaan adalah aktivitas yang dengan atau tanpa uang melibatkan suatu transaksi pertukaran diantara pelakunya. Siapa pelakunya? Kita.

Keinginan dari pelaku adalah tidak terbatas, tapi dalam kenyataannya, kemampuan pemenuhannya/sumberdaya yang dimiliki sangat terbatas.

contohnya: Kita memilih pakaian untuk berangkat kuliah, itu adalah suatu aktivitas ekonomi, karena kita mengaharapkan sesuatu yang akan memuaskan kita, dalam hal ini penampilan dengan mengoptimalkan sumberdaya yang kita miliki yakni opsi pakaian, waktu dandan dan lainnya. Ada nilai yang terlibat disitu.

Pertanyaan dasar dalam pengambilan suatu keputusan di Ilmu Ekonomi ada tiga:
1. What to produce? Apa dan berapa banyak?
2. How to produce? Bagaimana caranya, sitemnya, prosesnya dan komponen terkait?
3. For whom to produce? Sasaran, target, prospek, alur distribusi?

Ekonomi tidak terbatas pada urusan uang tapi juga pada pertukaran nilai yang harus dikorbankan untuk mendapatkan keuntungan atau kepuasan.
Dalam hal ini ada sebuah kurva yang dinamakan kurva PPF (production possibillity frontier)

wikipedia.org

wikipedia.org

Dalam ekonomi, kurva kemungkinan produksi (Inggris: production–possibility frontier (PPF), production–possibility curve, production-possibility boundary atau product transformation curve) adalah grafik yang menunjukkan kemungkinan produksi dua komoditas yang dihasilkan dengan menggunakan faktor produksi yang sama dan tetap. Dalam kurva ini, konsep biaya peluang dan diminishing return dapat diterapkan. Misalnya, seperti ditunjukkan pada gambar diatas, untuk memproduksi 10 mentega (butter) lagi (dari A ke B), hanya 5 senapan (gun) yang menjadi biaya peluang. Akan tetapi, bila ingin menghasilkan 10 mentega terakhir (dari C ke D), biaya peluangnya jauh lebih besar yaitu 50 senapan (wikipedia).
Nah, untuk menggerakkan kurva warna biru ke arah kanan maka harus dilakukan beberapa tambahan pada sumberdaya produksi. Penambahan bukan terfokus pada kuantitas sumber daya, tapi bisa pada efisiensi pengolahan, contohnya dengan optimalisasi penggunaan teknologi.

Terakhir adalah adanya Law of Diminishing Return. Hukum ini dapat dijelaskan secara gamblang dengan sebuah kurva distribusi normal. Hukum ini menjelaskan tentang pembagian proporsi antara input dan output harus seimbang. Jumlah input yang digunakan harus tepat agar menghasilkan output yang maksimal.Ketika input yang kita miliki dan gunakan melebihi kapasitas produksi dari input bersangkutan , maka pendapatan akan menurun.

UntitledDosen saya, Profesor Maksum memberikan penjelasan yang cukup menarik, ketika kita belajar dan terus belajar seiring waktu akan meningkat pengetahuannya, suatu ketika kemudian akan mengalami kondisi mendekati jenuh, meskipun lama waktu belajar sama. Pengetahuan akan tetap meningkat meski tidak signifikan. Itu buat mereka orang yang beruntung. Nah, buat mereka yang bodoh, meskipun belajar terus, malah menurun, kenapa? Karena saat sudah menerima ilmu, kemudian dia belajar hal baru, ilmu yang lama lupa, dan parahnya lagi ilmu yang baru dipelajari juga terlupakan seiring tingkat kejenuhannya.😀

Nah, mungkin contoh yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang telah dikatakan dosen saya, tapi memang agak sulit menjelaskannya dalam kata-kata. Kira-kira seperti itulah.

Komentarnyaaa dooong :3

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s