#1 Perkembangan Industri Pangan


Industri pangan senantiasa berkembang pesat mengikuti perubahan zaman. Seiring waktu tuntutan agar industri pangan berkembang ke arah lebih baik terus meningkat. Perubahan dan tuntutan itu membuat sebgaian besar indutri pangan mencari cara untuk melakukan efisiensi penggunaan sumberdaya dan melakukan pengembangan teknologi secara tepat guna. Tepat guna dalam artian teknologi tersebut mampu mengurangi biaya produksi sehingga keuntungan makin meningkat, membuat produk baru dengan sebongkah keistimewaan sesuai sasaran pasar dan mampu menghasilkan produk secara efektif dan efisien.

Tujuan utama makan dan minum adalah untuk menggantikan nutrisi yang terpakai oleh kebutuhan tubuh (maintenance, perbaikan dan pertumbuhan) serta penyerapan kalori untuk energi berikutnya.

Beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan industri pangan tersebut antara lain:

1. Tren Populasi Penduduk
Meliputi kondisi sosial, ledakan jumlah penduduk, persebaran demografis (wilayah dan lainnya), kelompok usia, dan status ekonomi.

2. Tren Ketersediaan dan Permintaan akan Pangan
Ketersediaan pangan sedikit banyak berpengaruh pada perkembanagan dunia industri. Semakin tinggi permintaan akan semakin mamacu industri untuk dapat mencukupi persediaan atau permintaan tersebut. Namun yang celaka adalah jika pangan melimpah sementara permintaan sedikit. Perusahaan/industri harus melakukan diversifikasi/inovasi pangan sehingga permintaan dapat dijaga berimbang dengan ketersediaannya.

3. Identifikasi Nutrisi pada Pangan
Identifikasi nutrisi berarti konsumen dan industri memiliki kesepahaman tentang gizi dan nutrisi yang harus dipenuhi dalam suatu produk pangan. Disini penjagaan mutu dan pengembangan produk terutama dari sisi kimiawi dan biologis akan berpacu dengan tuntutan pasar. Masyarakat sekarang cnderung sudah sadar dengan adanya kebutuhan gizi dan nutrisi yang ‘istimewa’ dalam makanan. Isu-isu ini akan terkait dengan masalah kesehatan dan keamanan pangan.

4. Evaluasi Nilai Kelompok Pangan
Ini yang sejak tahun 2006-an menjadi tren di Indonesia dan semakin marak pada belakangan ini. Nilai kelompok pangan adalah suatu kecenderungan untuk mengelompokkan dan mengkonsumsi pangan sesuai peruntukkannya/konsumen tertentu. Contohnya adalah susu, sekarang lazim ditemui susu untuk rentang usia tertentu, antara 1-2tahun; 3-5tahun; remaja; dewasa; dan lansia. Faktor keempa ini berhubungan erat dengan faktor keempat.

5. Penentuan Persyaratan
Persyaratan yang dimaksud adalah adanya tuntutan dari konsumen dan perusahaan saingan (persaingan pasar secara langsung ataupun tidak) bagi suatu indutri pangan untuk dapat memiliki suatu sertifikat atau pengakuan oleh lembaga berwenang. Contohnya adalah sekarang perusahaan besar berlomba untuk dapat menempuh ISO contohnya ISO:9001 dan 14000 serta HACCP ataupun GMP. Sertifikat tersebut adalah cara untuk mendongkrak nilai jual yang sangat potensian di mata konsumen.

Makanan berisikan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral serta komponen utama adalah air.

Produk pertanian melalui proses transformasi entah bentuk maupun kandungannya untuk dapat menjadi produk pangan yang diterima konsumen. Selalu seperti itu. Meskipun mungkin anda berpikir bahwa produk hasil pertanian bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah dulu. Tidak benar itu. Kenapa? Karena ketika produk pertanian sudah lepas dari sumbernya, maka dia mau tidak mau selalu mengalami perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung. Transformasi tidak terbatas pada proses pengolahan secara mekanis di industri tapi juga dimulai sejak dia dipanen.

Sekarang pertanyaan terakhir, untuk apakah kita mengolah makanan?

Jawabnya adalah agar mudah dicerna. That’s it.

Komentarnyaaa dooong :3

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s