Perjanjian


Kadang kita berpikir bahwa sesuatu itu harus selalu disepakati lebih dahulu. Entah itu menyangkut keputusan-keputusan kecil ataupun besar dalam hidup. Baiklah, jangan terlalu jauh masuk dulu. Jika kita ingin sesuatu tentu ada yang harus dikorbankan, dan jika kita sadar tentu kita sudah sepakat -mudahnya dengan diri sendiri, akan hal yang akan dikorbankan tersebut.

Kesepakatan atau sebut saja dengan perjanjian adalah bentuk yang mengikat sesuatu dengan sesuatu lainnya. Entah itu barang ataupun orang. Hewan juga punya perjanjian, dalam bentuk lain, semisal penandaan wilayah kekuasaannya, atau daerah perburuannya.

Manusia sedikit banyak berbeda, mereka seringkali melakkan perjanjian untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Diakui atau tidak, tak ada seorangpun yang ingin berjanji untuk melakukan atau mendapatkan hal yang lebih buruk dibanding yang dimilikinya.

Tapi juga ada yang menjadi masalah. Ketakutan. Seseorang cenderung takut untuk membuat perjanjian atau komitmen. Pernah lihat film Ghost Rider kan? Si Aktor melakukan perjanjian dengan setan meskipun awalnya juga ragu. Hehe.

Sumber ketakutan itu terutama adalah keraguan akan kemampuan individu untuk memenuhi apa yang diperjanjikan. Dia, mereka, takut tidak dapat memenuhi janji atau takut janji-janji itu menjadi batasan-batasan keinginan mereka.

Kita seringkali berpikir buruk. Ya, buruk saya bilang. Contohnya, anda punya pacar, tapi kemudian anda takut membuat komitmen atau janji setia dengan pacar anda.

Masalahnya satu, pikiran tentang ‘bagaimana jika ternyata ada yang lebih baik?’.

Monggo direnungkan.

2 pemikiran pada “Perjanjian

Komentarnyaaa dooong :3

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s