Pabrik Idaman: Banana de Lumajang


Mungkin muluk-muluk ya, tapi bukankah yang muluk-muluk jika jatuh tidak jauh-jauh atapun jika jauh tidaklah sampai ke dasar. Lumajang adalah kota kecil dengan sejuta potensinya yang sayang belum tergarap optimal. Komoditi utama dari Lumajang adalah pasir besi hasil muntahan Semeru, Sang gunung tertinggi di Jawa, dan hasil bumi lainnya. Bahkan di sepanjang pantai sekarang mulai berdiri pertambangan yang banyak ditentang entah resmi atau liar.

Komoditas lain adalah hasil pertanian. Meliputi produk hortikultura dan perikanan, peternakan serta pertanian secara umum. Tumpah ruahnya kesuburan alam menjadikan apa-apa yang ditanam bisa tumbuh, terutama karena bentang alamnya yang berada di antara pantai dan gunung. Pernah saya mencoba menanam kurma, dan bertunas. Terserah percaya atau tidak.

Beralih ke hasil perkebunan. Pisang. Pisang di Lumajang belum digarap secara serius oleh pemerintah daerah. Entah itu melalui perbaikan rantai pasokannya ataupun pengolahan lanjut pasca panen/post-harvesting. Pengelolaannya masih terkesan setengah-setengah padahal komoditi ini telah menjadi andalan Lumajang sejak tahun-tahun lampau. Ada bayangan dalam benak saya bahwa pemerintah dapat bekerja sama dengan beberapa shareholder atau stakeholder untuk membentuk kongsi pengolahan pisang, -saya juga mau terlibat. Jika diolah dengan baik dari hulu ke hilir, pasti akan sangat menghasilkan untung. Saya tidak bisa panjang lebar karena begitu banyak yang ingin disampaikan. Tetapi harapan saya, pemerintah bisa mengintegrasikan pertanian dengan industri pengolahannya secara langsung melalaui sistem pertanian terpadu.

Berikut saya ada video yang menarik tentang betapa pisang dapat menjadi sumber penghidupan. Hasil dari kuliah.

Mungkin video ini dapat memberikan pencerahan. Salam dari anakmu wahai Lumajang.

Komentarnyaaa dooong :3

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s