Kunir punya Candi


Wewewewe, Kunir, kecamatan yang semula sepi mendadak ramai dalam sebulan terakhir. Bukan karena banyak kasus rampok, begal, dan kampret-kampret sebangsanya yang biki motor saya hilang, bikin pulang malam resah, bahkan beli bakso jauh aja jadi males, haha, tapi karena ada sebuah bangunan yang diperkirakan adalah candi.

Candi? ya, Kunir punya candi lho, namanya belum tahu, tapi banyak yang memanggilnya sebagai Candi Kunir.

Beberapa orang yang ‘berilmu’ dan berwenang mengatakan candi ini bagian dari peradaban lama, bisa jadi Majapahit. Kunir terletak di Lumajang yang merupakan salah satu wilayah paling selatan Kerajaan Majapahit. Boleh jadi Lumajang dulunya dalah pelabuhan besar. Bisa jadi lho ya.

Lumajang juga bagian dari kekuasaan Minak Koncar yang sekarang namanya diabadikan menjadi nama terminal di kabupaten ini. Lumajang juga sudah berumur ratusan tahun, 700-an dan sayangnya sudah 4 kali saya melewatkan perayaannya semenjak kuliah di Jogja. Byuuh.

Kembali ke Kunir. Candi yang ditemukan katanya memiliki karakteristik sebagai candi aliran Hindu-Syiwa. Nah, berhubung sekarang sudah ada satu candi yang ditemukan, dan daerahnya diutara rumah saya, tidak ada salahnya berburu tanah disana, siapa tahu nemu candi yang lainšŸ˜€, eittsss.

Di Lumajang banyak candi, mulai dari Candi Agung di Kecamatan Randu Agung, petilasan Menak Koncar, dan beberapa dalam bentuk situs Biting bekas Kerajaan Lamajang di Kecamatan Sukodono yang sekarang sedang ‘digarap’ pengembang perumnas untuk dihancurkan. Miris. Pemkabpun tutup mata. Ci Luk Baaaaa.

Sepertinya Kunir bakal ramai dalam tahun-tahun kedepan, sepertinya.

Komentarnyaaa dooong :3

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s